Tips Menulis Cerpen Pemula

Dunia Sastra || Setiap penulis, jenis prosa (cerpen) pasti memiliki dilema yang berbeda dalam penciptaan karya, entah pada penentuan judul, tema, alur maupun tentang penempatan tanda baca yang benar, dan untuk saya sendiri ... kesulitan yang paling tersulit adalah ketika membuat paragraf pertama, kenapa?

Karena dari kisah pada paragraf pertamalah akan menarik niat para penikmat karya dalam membaca cerita hingga selesai (selain judul yang menarik juga mempengaruhi), dari sinilah penulis selalu dituntut untuk mampu menyajikan olahan kata pada paragraf pertama dengan kalimat yang menarik, tentunya diikuti dengan paragraf-paragraf selanjutnya yang menarik juga. karena paragraf pertama itu tak ubahnya seperti pintu yg telah terbuka, sehingga dengan begitu setiap tamu yg datang dapat melihat sebagian isi dari ruangan tersebut.

Nahh, lantas bagaimana sih cara menyajikan sebuah paragraf pertama yang menarik atau yang mampu menghipnotis pembaca hingga enggan beranjak sebelum membaca cerita hingga selesai? terkadang saat paragraf pembuka suatu cerpen sudah tidak enak dibaca, maka akan enggan membaca cerpen tersebut hingga akhir.

  • Untuk menarik pembaca pada paragraf pertama bisa dengan menulis pokok dari isi cerita yang diinginkan si-penulis. Namun biasanya setiap penulis punya karakter masing-masing dalam penyajian karya tulisnya, apapun bentuknya, karya tulis yang memiliki karakter, mempunyai daya magis tersendiri.
  • Buat yang memorable, sederhana namun menciptakan 'lubang-lubang' rasa penasaran. biasanya bisa dikasih sebuah konflik yang membuat penasaran pembaca, namun konfliknya jangan sampai mudah ditebak, buat sebuah  konflik pembuka yang sulit di tebak, atau bisa ditebak dengan syarat tebakan yang akan terjadi tidak hanya satu pokok saja.
  • Di paragraf pertama buatlah sedikit kata-kata sastra seperti layaknya puisi dgn dicampuri unsur permasalahan yg akan diceritakan untuk paragraf berikutnya hanya untuk sebuah pancingan saja agar pembaca dapat menyimak cerita dari paragraf pertama sampai seterusnya... namun jangan sampai kata-kata mutiara itu bersifat menggurui, karena ada beberapa pembaca sastra yang sangan membeci cerita yang menggurui.
  • Satu lagi, poin yang paling penting, baca kembali karya yang anda buat sendiri, namun ibaratkan anda itu orang lain, dan bukan pembuat karya tersebut, dan mencoba berupaya mengapresiasi sendiri karya tersebut. dengan demikian anda akan tahu sedikit kesalahan atau ketidak janggalan dalam pembuatan karya sastra
  
Title : Tips Menulis Cerpen Pemula
Description : Dunia Sastra || Setiap penulis, jenis prosa ( cerpen ) pasti memiliki dilema yang berbeda dalam penciptaan karya, entah pada penentuan...

41 Responses to "Tips Menulis Cerpen Pemula"

  1. Balasan
    1. terimakasih atas kunjungan dan komentarnya saudara Ghalib Rirl

      Hapus
    2. Klo bagi pemula kayak ane abis nulis cerpen langsung share di http://tempatnulis.com/ biar bisa dibaca dan dikometari sama penulis lain.

      Hapus
  2. susah amad ya, blm lagi merangkai kata2nya susah

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenarnya setiap kegiatan di dunia ini tidak ada yang mudah dan instan. dan semua itu harus ada langkah-langkah dan sedikit perjuangan. :)

      Hapus
    2. Harus dilati memang. Klo saya abis nulis cerpen, baik itu jelek atau bagus langsung saya share ke http://tempatnulis.com/ biar bisa dibaca dan dikometari sama penulis lain. Biar kita tahu sejauh mana kemampuan kita.

      Hapus
  3. Balasan
    1. iya memang agak sedikit sulit.. namun jika terus mencobanya. kana menjadi terasa mudah..

      dan terima kasih telah berkomentar di sini :-)

      Hapus
  4. Tipsnya bagus nih, kebetulan pacar saya anak sastra haha : D

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh, pacarnya anak sastra yah... semoga langgeng yah

      Hapus
  5. kalo disuruh milih nulis cerpen atau puisi saya lebih mmilih nulis puisi gan... mklum nulis cerpen kadang alurnya maju mundur ga karaun ceritanya berakhir jd kadang ga jelas.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga berfikiran seperti itu...

      karena saat membuat puisi itu tidak terikat oleh aturan...
      meskipun terkadang puisi masih sedikit terikat, tapi kita diijinkan bebas berekspresi tanpa memikirkan alur

      Hapus
  6. kalau saya lebih suka membaca cerpen dari pada menulis gan, soalnya kalau mau nulis pasti bingung
    btw nice post nih gan, follback g+nya yah gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. tiap orang beda-beda.
      dahulu saya juga hanya suka membaca, namun dengan berjalanya waktu, saya jadi sedikit tertarik dengan menulis hal yang berbau sastra

      Hapus
  7. follback nya ditunggu di situs saya gan

    BalasHapus
  8. Klok Cara Bikin Cerita Komik gimana bang??

    BalasHapus
    Balasan
    1. tipsnya hampir sama, hanya saja yang membedakan struktur bentuknya, kalau komik yang ditekankan gambar itu bisa menarik pembaca, namun isi yang terkandung di dalam komik tersebut juga tidak kalah penting..

      intinya yang diperhatikan pertama kali itu gambarnya, baru isinya.

      terimakasih telah berkunjung di blog ini. dan semoga bermanfaat bagi saudara Sendy Mey

      Hapus
  9. Tipsnya cocok buat saya yang punya tugas untuk membuat cerpen.. blog agan sangat bermanfaat..

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih atas kunjunganya.

      semoga ini bisa menjadi tutor dalam mensukseskan tugas anda.

      Hapus
  10. Saya dari dulu tidak mampu menguasai bahasa Indonesia, apalagi kalau berbicara dalam membuat cerpen. Saya sama sekali tidak mempunyai gagasan pokok yang membantu saya untuk menulis sebuah cerpen, bahkan cerpen sesingkat mungkin pun saya tidak mampu membuatnya. Untung ada tipsnya yang sudah disediakan oleh admin blog ini, jadi bisa nambah wawasan saya dalam membuat cerpen, dan semoga bisa dikembangkan menjadi lebih baik lagi :)

    Salam dari Pulo Blog, jika sobat berkenan silahkan kunjungi blog saya yang beralamatkan http://puloblog.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. bahasa Indonesia sebenarnya gampang-gampang susah gan...

      kadang ada yg bilang gampang, ada juga yang bilang susah...

      dan seboga artikel ini bisa bermanfaat bagi sahabat..

      terimakasih telah berkunjung di blog ini. dan salam kenal. :)

      Hapus
  11. bisa kasih sedikit contoh nggak bro, ane masih kurang nangkep nih ama yg bro zacky tulis diatas :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. buat paragraf pertama semacam konflik, biasanya kalo semacam konflik itu akan membuat pembaca penasaran untuk membaca lanjutanya.

      contoh:
      darah berceceran di lantai rumahku, bukan hanya ayah ibuku yang muntah darah, namun kucing kesayanganku pun juga ikut muntah darah.
      "Santet!" mungkin keluargaku telah disantet!

      dan jangan membuat cerpen yang bersifat mengguruhi. (meski ada juga yg gak mempermasalahkanya.
      contoh:
      saat aku melihat air, aku berasa melihat cerminan tubuhku sendiri.. mengalir mengikuti arus perkembangan zaman ini. aku tak tahu kapan aku akan berhenti mengalir.

      Hapus
  12. tips nya ane coba dlu deh smoga ane bsa bkin cerpen keren kaya agan zacky :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih sahabat...

      semoga bisa bermanfaat kepada anda... :)

      Hapus
  13. saya juga masih belajar menulis :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal ya mbk...

      sukses menulisnya

      Hapus
  14. Balasan
    1. siap... mluncur sahabat inggit

      Hapus
  15. Wah belejar nulis berat juga om, apalagi buat nulis karya sastra, cerpen dan lainnya harus banyak inspirasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenarnya gampang-gampang susah gan.. tergantung kemauan...

      terimakasih telah berkunjung di blog sederhana ini

      Hapus
  16. ty buat tips,ny mas
    saya coba buat nulis lagi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga sukses gan..

      dalam hal tulis menulis

      Hapus
  17. waahh mantep gan.. thanks before yaaa.,.. ane pemula nih ,, jadi perlu banyak referensi bagaimana seharusnya menulis..dan bagaimana agar artikel terlihat menarik

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sahabat.. semoga dengan membaca artikel ini bisa menjadi tuntunan dalam hal menulis

      Hapus
  18. Menurut saya, cerpen yg bikin penasaran itu tentang misteri gan. Kalau kamu ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sahabat. yang membuat penasaran itu misteri..

      tapi aku lebih suka tentang realita kehidupan yang tidak ada endingnya.

      Hapus
  19. saya pake buat blog saya nih supaya visitor pada penasaran haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan sahabat!! semoga nge blognya makin sukses :)

      Hapus

Bergabung di FB dan Twitter