Perbedaan Buku Asli dan Bajakan

Dunia Sastra--Perbedaan Buku Asli dan Bajakan--Jika anda disuguhkan buku yang harga murah dan buku yang harganya mahal? mana yang anda pilih? Pasti Anda akan memilih sebuah buku yang harganya reltif murah, bukan? Lantas tahukah Anda bahwa Buku yang harganya relatif murah (biasanya) adalah buku bajakan meskipun ada juga yang memang buku asli tapi sedang ada promo dari pihak penerbit. 

Stop Pembajakan
Stop! Pembajakan!

Ada beberapa kalangan yang memang sengaja membajak (fotocopy) atau membeli buku bajakan di toko-toko buku yang menyediakan khusus buku bekas dan bajakan. Tahukah Anda bagaimana susahnya menulis sebuah buku? Berapa lamakah waktu yang ditentukan? Banyak beberapa penulis-penulis besar yang rela bertapa di dalam rumah berbulan-bulan hanya untuk menulis buku yang hanya tebalnya berkisaran 100 hingga 200 halaman. Coba Anda bayangkan Sebuah buku yang telah ditulis dengan cara mandi keringat berbulan bulan, dibajak dalam 2 hari saja, bahkan terkadang hanya beberapa jam.

Seorang  penulis Andrea Hirata pernah dijelaskan di koran-koran tentang kegalauan beliau pada praktek pembajakan buku. Penulis itu butuh waktu riset untuk menulis satu novel, di luar waktu penulisan, pengeditan hingga satu buku terbit. Buku yang diterbitkan perlu dipromosikan agar laku keras. Bila laku keras, uang honor penulisan tidak langsung masuk ke rekening penulis, harus menunggu. Demikian pula yang Dunia Sastra kutip dari pengalaman Dewi Lestari @deelestari pada buku “My Life as a Writer”. 

Lantas bagaimanakah kita bisa mengetahui sebuah buku itu asli atau bajakan? karena terkadang kita hanya membeli buku dan tidak tahu jika ternyata buku yang kita beli adalah buku bajakan? Simak beberapa tips dalam membedakan buku bajakan dan buku yang asli.


  1. Buku bajakan biasanya diberi harga yg jauh lebih murah dibanding harga asli bukunya. Lalu, apakah buku berharga murah pasti bajakan? Jawabannya: belum tentu. Kadang, program diskon toko buku memang bisa membuat produk buku menjadi murah. Yang mesti diingat adalah Kalau ada buku berharga jauh di bawah harga aslinya, kamu boleh menaruh curiga; tapi, jangan langsung menuduh buku tersebut bajakan.
  2. Buku bajakan/tiruan biasanya warna kertasnya agak buram, biar murah, sedangkan buku yang asli putih bersih, walaupun ada buku yang asli yang memang memakai kertas buram/koran. Buku yang asli yang memakai kertas buram/koran biasanya jarang sekali dibajak, karena harganya sudah murah.
  3. Biasanya ilustrasi di buku bajakan terlihat tak jelas. Ini karena prosesnya hanya melalui teknik fotokopi utk memurahkan harga produksi.
  4. Teknologi memungkinkan buku asli memiliki ciri khusus, misalnya sampul dgn ilustrasi/judul menonjol saat diraba. Bajakan umumnya tidak.

Jadi, Untuk itu Anda harus jeli dalam memilih buku, karena ada beberapa oknum pedagang buku yg jujur mengakui menjual buku-buku bajakan, ada juga yg memang sengaja tidak memberi tahu pembeli

Referensi:
Gramedia Pustaka Utama
www.rawinah-ranarty.com
bukutren.com.

#SalamSastra
Title : Perbedaan Buku Asli dan Bajakan
Description : Dunia Sastra -- Perbedaan Buku Asli dan Bajakan --Jika anda disuguhkan buku yang harga murah dan buku yang harganya mahal? mana yang anda ...

24 Responses to "Perbedaan Buku Asli dan Bajakan"

  1. Bener bgt tuh.., ditunggu kunbalnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih telah berkunjung! salam kenal

      Hapus
  2. Buku aja di palsuin yak . baru tau nih thx gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekarang lagi jmannya palsu palsu an gan...

      alamat aja ada yang palsu gan

      Hapus
  3. buku aja dipalsuin,... tambah gaswatt nih dunia kitaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini baru buku gan.. nanti mungkin ada istri dipalsuin, hehe

      Hapus
  4. wahh thx infonya gan,bermanfaat buat ane klw mau beli buku yg ori :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga bermanfaat gan!! salam kenal yak

      Hapus
  5. Tapi tetep suka buku bajakan :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada waktunya beli bajakan, ada pula waktunya beli yg ori. tergantung isi kantong gan :D

      Hapus
  6. nice info, nice artikel. gantian gan ke tempat ane hehe bola.blogsaya.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal gan.. kunjungan sukses yak

      Hapus
  7. Balasan
    1. semoga bermanfaat gan, :D

      saya membaca nama anda, tadinya tak kira Chairil Anwar gan, hehe

      Hapus
  8. belinya di gramedia gan pasti ori :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. namanya aja udah toko buku besar gan, gimana enggak ori coba

      Hapus
  9. klo ane tergantung keuangan ane. klo banyak uang ane beli yg asli klo kurang yahhh terpaksa yg bajakan :v.

    BalasHapus
  10. klo buku asli tulisannya agak gimana gitu tapi klo bajakan tulisannya tidak terlalu jelas

    BalasHapus
  11. Balasan
    1. kertas memang beda. kalau bajakan warnanya burem.. kalau dibaca mata cepet lelah :)

      Hapus
  12. Yang bajakan lama lama tulisannya buram biasanya ya kang.... :D

    BalasHapus
  13. Penulis buku itu adalah "Guru", dengan membajak berarti "MEMBUNUH" guru. Masih mau beli buku bajakan ? #refleksi

    BalasHapus

Bergabung di FB dan Twitter